Tugas 4 (Rangkaian Display LCD Charakcter 16 x 2)





1. Tujuan [kembali]
  1. Untuk mengetahui teori tentang LCD 16 x 2
  2. Membuat rangkaian simulasi dan mengetahui prinsip kerjanya
2. Alat dan Bahan [kembali]
  • LCD LM016L
  • Logicstate
  • Potensiometer
    3. Landasan Teori [kembali]

    3.1  LCD (Liquid Crystal Display)

    LCD adalah display 2 baris 16 kolom karakter yang contoh rangkaiannya adalah seperti gambar 90 dan konfigurasi pin-pin LCD, seperti tabel 12.
    Gambar 1. display 16 x 2



    Tabel 1.  Pin-pin LCD  character 2 x 16

    No. Pin
    Nama
    Fungsi
    1
    Vss
    GND
    2
    Vcc
    +5V
    3
    Vee
    LCD Contrast
    4
    RS
    1=Input data, 0=Input instruksi
    5
    R/W
    1=Read, 0=Write
    6
    E
    Enable
    7
    D0
    Data 0
    8
    D1
    Data 1
    9
    D2
    Data 2
    10
    D3
    Data 3
    11
    D4
    Data 4
    12
    D5
    Data 5
    13
    D6
    Data 6
    14
    D7
    Data 7
    15
    VBL+
    4-4.2V
    16
    VBL-
    GND



    LCD yang digunakan adalah : M1632 yang terdiri dari 2 baris, 16 kolom dimulai dari baris 1 paling atas dan kolom 0 paling kiri.

    Sebelum menampilkan karakter pada LCD, maka harus mengikuti prosedur sebagai berikut :

    1.   Inisialisasi

    2.   Pemesanan tempat

    3.   Penulisan data



    Inisialisasi terdiri dari:

    1). Display Clear


    Instruksi ini akan menghapus semua display dan mengembalikan kursor ke posisi awal ( alamat 0 )

    2). Cursor Home


              Instruksi mengembalikan kursor ke posisi awal ( alamat 0 )

    3). Entry Mode Set


              Insruksi ini mengatur arah pergerakan kursor dan apakah display akan digeser.

    a)   Jika I/D = 1 alamat akan dinaikkan dan kursor bergerak ke kanan dan jika I/D = 0 alamat akan diturunkan dan kursor bergerak ke kiri

    b)   Jika S = 1, semua display akan digeser, tetapi posisi kursor tidak berubah,

    c)   Jika S = 1 dan I/D = 1, display akan digeser ke kiri dan jika S =1 dan I/D = 0 display akan digeser ke kanan.

    d)   Jika S = 0, display tidak akan digeser





    4). Display ON / OFF


              D = 1, display akan ditampilkan

              D = 0, display tidak ditampilkan

              C = 1, kursor akan ditampilkan

              C = 0, kursor tidak akan ditampilkan

              B = 1, karakter tempat posisi kursor berkedip 

              B = 0, karakter tempat posisi kursor tidak berkedip



    5). Cursor / display Shift



    S/C
    R/L

    0
    0
    Posisi kursor digeser ke kiri
    0
    1
    Posisi kursor digeser ke kanan
    1
    0
    Seluruh display digeser ke kiri dengan kursornya
    1
    1
    Seluruh display digeser ke kanan dengan kursornya


    6). Function Set


    DL = 1 , Panjang data diatur 8 bit

    DL = 0 , Panjang data diatur 4 bit (D7-D4)



    Pemesanan Tempat

    Ke baris dan kolom dengan memberi RS = 0. untuk baris 1 data yang dikirim adalah 8XH atau 1000xxxxB dan untuk baris 2 data yang dikirim adalah CXH atau 1100xxxxB dimana x menunjukkan kolom 0 – 15 (0H – FH)

    3.2 Potensiometer
    Potensiometer adalah sebuah jenis resistor yang mengatur sebuah tahanan atau hambatan secara linier atau Komponen resistif tiga kawat yang bertindak sebagai pembagi tegangan yang menghasilkan sinyal output tegangan variabel kontinu yang sebanding dengan posisi fisik wiper di sepanjang trek. 
    Gambar 2. Potensiometer
    4. Rangkaian Simulasi [kembali]
    Gambar 3. Rangkaian Simulasi
    5. Prinsip Kerja [kembali]
    Prinsip kerja pada rangkaian, untuk menampilkan karakter pada LCD maka harus mengetahui bahasa ASCII yang mempunyai kode-kode tertentu untuk menampilkan karakter. Potensiometer berfungsi untuk kekontrasan yang ditampilkan LCD. untuk mengaktifkan LCD maka diberikan kode biner 0000 1111 dan memberikan logika 1 pada ENABLE kemudian kembali ke logika 0 sehingga mengaktifkan LCD, kemudian memberikan kode biner 0011 1000 untuk mensetting mode 8 bit kemudian memberikan logika 1 pada ENABLE kemudian kembali ke logika 0, sehingga data D0 - D7 akan aktif. Pada rangkaian untuk menampilkan karakter maka perlu mengetahui kode biner dari masing masing karakter. Misalkan kita ingin menampilkan nilai "a" dengan kode ASCII  0110 0001 dengan memasukkan pada D0 - D7, agar nilai muncul di LCD di berikan logika 1 pada RS karena akan membaca data yang dikirim, kemudian di ENABLE dengan memberikan 1 kemudian logika 0 pada E.
    6. Video Simulasi [kembali]

    7. Link Download [kembali]
    1. File Rangkaian Simulasi
        Download File
    2. Video Simulasi
        Download File
    3. Bahasa ASCII
        Download File
    4. HTML
        Download File

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar